Rahasia Sukses Bisnis Minimarket Bermodal Kecil

Rahasia Sukses Bisnis Minimarket Bermodal Kecil

Usaha minimarket memang banyak menarik banyak perhatian pada saat ini. Mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat urban yang menginginkan segala sesuatu serba praktis, kehadiran sebuah minimarket terbilang lebih menyedot pengunjung dibandingkan dengan toko kelontong. Meskipun sebenarnya konsepnya sama saja, yaitu toko yang menjual berbagai barang dan makanan kebutuhan sehari-hari.

Berbeda dengan toko kelontong pada umumnya, minimarket menerapkan sebuah sistem berjualan yang lebih modern layaknya swalayan. Yaitu dengan memberi kebebasan kepada pembeli untuk mengambil barang yang dibutuhkannya, sehingga penjual tidak perlu lagi melayaninya. Pada minimarket, barang yang dijual disusun rapi dalam rak-rak dan dibedakan berdasarkan jenis dan fungsinya untuk memudahkan pembeli.

Meskipun tidak selengkap swalayan, namun kehadiran minimarket sangat banyak peminatnya. Di Indonesia sendiri, swalayan mini ini mengalami fase perkembangan yang sangat pesat. Hampir di berbagai sudut area mulai perkotaan hingga pedesaan dapat ditemui minimarket. Jadi wajar saja, apabila kemudian banyak yang memiliki rencana untuk bisa membangun sebuah toko ala minimarket rumahan.

Tips Membangun Bisnis Minimarket Rumahan

Jauh berbeda dengan pembangunan swalayan yang membutuhkan modal super besar sehingga tidak bisa dijangkau oleh sembarang orang, minimarket dapat dibuat meskipun dengan budget yang terbatas. Bahkan, bisa dikatakan modal untuk minimarket dan toko kelontong ini nyaris sama. Baik dari segi barang yang akan dijual dan tipe bangunan yang digunakan. Yang berbeda hanya sistem dalam berjualan dan juga peran kasir.

Apabila Anda merupakan salah satu dari sekian orang yang memiliki impian untuk bisa membangun sebuah minimarket rumahan dengan modal kecil, maka beberapa tips ampuh di bawah ini sangat rekomended untuk diterapkan.

1. Membuat Perencanaan Yang Matang

Dalam membangun sebuah bisnis, dibutukan perencanaan yang matang. Tidak peduli itu usaha kecil ataupun besar. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk membuat sistem yang tertata rapi guna kesuksesan bisnis tersebut. Contoh mudahnya adalah dengan mempertimbangkan kekuatan budget dengan pengeluaran yang dibutukan untuk pembangunan dan prediksi jumlah pengunjung. Sehingga tidak terjadi besar pasak daripada tiang.

2. Menyediakan Produk Lengkap

Kelengkapan produk di suatu toko bisa menjadi faktor yang menentukan jumlah konsumen. Semakin lengkap produk yang tersedia dalam minimarket Anda, semakin besar pula tingkat kenaikan pengunjung. Oleh karenanya, meskipun dengan modal kecil pastikan Anda menjual barang-barang kebutuhan yang lengkap. Untuk mengatur budget, hindari pembelian barang yang tidak terlalu dibutuhkan dan gantilah dengan produk bervariasi.

3. Pelayanan Yang Berkualitas

Anda bisa berkaca dari minimarket sukses dan ternama yang memiliki cabang dimana-dimana, tentang bagaimana cara menyediakan pelayanan yang berkualitas. Sebab hal ini sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diterapkan. Kualitas layanan memainkan peranan sangat besar dalam berkembangnya sebuah bisnis. Hal ini dapat mempengaruhi loyalitas konsumen untuk mempertimbangkan datang kembali atau tidak.

4. Harga Lebih Murah

Pada masa awal membangun sebuah bisnis, ingatlah untuk tidak terlalu fokus pada omset atau untung yang terlalu besar. Poin pentingnya adalah untuk mendapatkan pelanggan terlebih dahulu. Trik yang bisa diterapkan yaitu dengan menjual produk dengan harga lebih murah. Tidak apa-apa mendapatkan untung sedikit yang penting barang dagangan laku. Dibandingkan untung banyak tapi lama lakunya.

5. Memberikan Promo Secara Berkala

Dalam sebuah bisnis, sudah bukan menjadi rahasia umum apabila konsumen sangat suka dimanjakan dengan adanya promo atau diskon. Sebenarnya, ini bisa diaplikasikan pada minimarket rumahan. Anda tidak perlu memberikan potongan harga yang wah, diskon 5% atau cashback Rp. 1000 saja sudah bisa menyenangkan pelanggan. Untuk menanggulangi kerugian, bisa juga menerapkan sistem seperti beli 2 produk panci gratis satu sendok teh dan lain sebagainya.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *