Step by Step Memulai Bisnis Online dari Nol Hingga Sukses

Step by Step Memulai Bisnis Online dari Nol Hingga Sukses

Apabila anda perhatikan saat ini telah banyak sekali orang yang terjun ke dunia bisnis online. Dalam hal jual beli misalnya banyak pedagang yang telah mengalihkan ke aktivitas online. Tidak sedikit dari para konsumen yang akhirnya ingin ikut terjun dalam bisnis online ini juga.

Namun banyak pula yang tidak mengetahui bagaimana seharusnya memulai bisnis online tersebut. Bagi anda yang ingin memulai usaha simak ulasan berikut ini

Langkah Memulai Bisnis Online

1. Pahami Apa yang Anda Jual

Kenapa anda harus mengetahui produk yang anda jual, karena jika anda tidak mengetahui apa yang anda jual bagaimana anda bisa menjual produk anda. Pelajari detail tentang produk anda, pemahaman tentang produk ini bisa membantu anda untuk bisa mengetahui dengan pasti kualitas yang dijual. Dengan begitu anda juga bisa mengetahui berapa harga yang pantas.

Selain memahami detail produk, anda juga perlu memahami pasar. Apa yang sedang trend saat ini, apa yang banyak dicari, model yang seperti apa, atau bahan yang bagaimana. Jika nada telah menemukan kunci tersebut anda bisa mendatangkan pembeli. Anda juga bisa melakukan riset melalui google, produk apa yang paling banyak dicari dan diminati pelanggan. 

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Laba Rugi Bisnis Jasa

2. Riset Kompetitor

Cari tahu tentang kompetitor anda. Ada banyak cara yang bisa digunakan, salah satunya dengan mulai melakukan riset bagaimana mereka bisa menjual produk mereka secara online. Anda bisa membuka platform online marketplace, misalnya Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee, dan Blibli. Mulailah mencari tahu apa yang mereka tawarkan sehingga banyak orang yang mau membeli produk mereka.

Perhatikan rating dan review pada beberapa toko online. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa rating dan review merupakan pengaruh bagi toko online anda. Banyak konsumen yang melihat rating serta review sebuah toko sebelum memutuskan untuk membeli produk yang diinginkan. Walau kadang ada juga sebagian konsumen yang memebrikan rating dan review yang jelek.

3. Cari Supplier

Kebanyakan saat akan memulai bisnis online maka anda akan mencari supplier dari pusat grosir. Namun tahukan anda bahwa dengan mengambil di pusat grosir akan menyulitkan anda dalam mengambil keuntungan. Lalu bagaimana mencari supplier yang tepat, anda bisa mencoba mencari supplier dari luar negeri atau juga bisa dengan mendatangi sentra pengrajin di daerah.

Lebih mudah dan enak lagi jika anda bisa bekerjasama atau menjajaki kerjasama sebagia dropshipper juga reseller. Banyak sekali akun dropshipper yang bisa anda manfaatkan untuk memulai bisnis online anda, misalnya Dusdusan, Bandros, Supplier dan banyak lainnya yang bisa anda jadikan dropshipper produk yang akan anda jual.

4. Buat Brand Toko Online Anda

Jika anda memang berniat untuk memulai bisnis online, lakukan dengan sungguh-sungguh bukan setengah-setengah. Pemberian brand bisnis online anda akan membuat orang percaya dan memberikan citra positif untuk membangun bisnis online anda. selain brand juga topang dengan kualitas barang yang memang bagus dan bisa dipertanggungjawabkan .

5. Promisikan Bisnis Online Anda

Untuk melakukan promosi banyak cara yang bisa anda gunakan. Di media sosial misalnya terdapat beberapa tawaran ads atau iklan berbayar yang bisa anda gunakan untuk promosi di Facebook dan Instagram. Atau dengan promosi yang tidak berbayar dengan menampilkan produk anda di beranda media sosial atau melalui platform iklan yang menyediakan layanan gratis

Hanya perlu 5 langkah untuk memulai bisnis online anda dari nol hingga bisa berjalan dan sukses. Semakin anda memahami langkah tersebut akan semakin mudah pula anda menjalankan bisnis online anda. Teruslah mempelajari pasar dan perkembangan teknologi saat ini agar bisa mengikuti tren. Berani mencoba untuk segera memulai bisnis online ini

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.