Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis dengan Layanan Profesional

Sebuah perusahaan bisnis pastinya ingin selalu meraih keuntungan pada setiap penjualan produknya, dengan begitu ia akan tetap selalu hidup di tengah kerasnya zaman. Pertumbuhan ekonomi dan harga pokok bahan produksi yang terus melambung mengakibatkan diturunkannya beberapa komponen dari hasil produksi supaya tetap bisa menjual dengan harga yang kompetitif. Keprofesionalitasan dipertaruhkan.

Hal – hal seperti yang telah dijelaskan tersebut menjadi tantangan tersendiri di era globalisasi ini, bagaimana penjualan produksi perusahaan bisa tetap meningkat dengan pelayanan yang tetap pro dan optimal kepada para konsumennya. Tentu ini bukanlah perkara yang mudah. Beberapa strategi dan cara di bawah ini mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda sebagai solusinya.

Strategi Peningkatan Penjualan dengan Layanan Profesional

1. Lebarkan Target Pasaran

Untuk bisa tetap meraup banyak keuntungan, memperluas pasaran bisa menjadi jawabannya. Keuntungan jelas akan menjadi naik signifikan. Misalnya adalah, membuka cabang baru. Semula unit untuk penjualan Anda hanya tersedia di kota A dan B, peningkatan penjualan bisa diusahakan lewat cabang baru di kota C yang sudah dilakukan survey terlebih dahulu, tentang kebutuhan masyarakat terhadap produk perusahaan.

Meskipun artinya Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih, namun dengan riset dan survey tepat maka uang akan kembali dengan lebih cepat pula. Ini merupakan investasi jangka panjang, jadi pikirkan baik – baik.

2. Program Promosi

Mungkin saja, angka penjualan stagnan di kisaran angka sebesar itu saja karena produk Anda kurang dikenal luas oleh masyarakat sekitar. Gencarkan promosi dengan berbagai cara, misalnya lewat media sosial, memberikan promosi potongan harga, dan lain sebagainya. Anda juga bisa melakukan kerja sama dengan pihak ketiga.

Misalnya adalah setiap membeli produk Anda dalam jumlah tertentu bisa mendapat potongan harga pada pihak ketiga tersebut. Tentunya dengan syarat dan ketentuan berlaku. Teknik insentif pembelian juga bisa, misalnya setelah melakukan pembelian ke-5 maka berhak mendapat potongan harga 30% di pembelian ke-6.

3. Perbaiki Pelayanan Terhadap Konsumen atau Klien

Mungkin saja pelayanan yang diberikan selama ini sudah sesuai dengan standar, namun standar bukan berarti bisa mengena di hati para konsumen atau klien. Cara terbaik adalah memperbaiki pelayanan secara terus menerus dan rebut hati para konsumen dengan profesionalitas kerja Anda beserta karyawan.

Misalnya, Anda bisa memberikan pelatihan baru untuk para karyawan dengan SOP terbaru terkait pelayanan. Selalu memperingatkan setiap karyawan terhadap attitude dan tata krama juga sangat penting. Bila perlu buat ciri khas tertentu, supaya menjadi identitas yang akan membedakan pelayanan Anda dengan tempat usaha lain yang menawarkan produk yang sama atau sejenis.

4. Cepat Tanggap dan Komunikatif

Masih berkaitan dengan nomor sebelumnya, kepuasan para konsumen dan klien adalah yang paling utama. Tentunya mereka akan tersentuh dan merasa senang jika pelayanan dilakukan dengan cepat dan tepat. Biasakan para karyawan untuk selalu tangkas dalam melayani, bisa menjawab pertanyaan dengan baik, dan mampu mensugestikan jenis produk mana yang tepat untuk konsumen atau klien.

Tanggap bukan berarti membuat risih pelanggan. Beberapa orang akan merasa terganggu dengan kehadiran shop keeper di sekitar mereka saat memilih produk. Jadi, pintarlah membaca gerak  gerik mereka.

5. Program Loyalitas

Berbeda dengan promosi yang hanya dibatasi dalam jangka waktu tertentu, Anda bisa membuat program loyalitas yang mampu membuat pelanggan bertahan dan selalu membeli produk Anda sepanjang tahun. Di akhir tahun selalu ada akumulasi reward poin belanja, jika sampai pada batas tertentu, maka pelanggan akan mendapat penghargaan berupa hadiah.

Lima cara di atas bisa disesuaikan dengan jenis usaha penjualan apa yang Anda jalankan. Jika memiliki cara yang lain lagi, silakan tulis di kolom komentar.

 

 

 

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.