Tidak Ingin Bisnis Kuliner Anda Bangkrut? Hindari 7 Hal Ini

Tidak Ingin Bisnis Kuliner Anda Bangkrut? Hindari 7 Hal Ini

Semua orang yang memiliki bisnis pasti inginnya adalah perusahaan untung dan bertahan sampai ke anak cucu. Namun perjalanan yang harus dilewati tidak semudah itu. Pastinya akan banyak sekali kerikil-kerikil yang akan meghalanginya. Entah itu dari intern maupun ekstern oleh karena itu Anda sebagai seorang pebisnis harus tahu betul hal apa saya yang bisa memajukan bisnis Anda dan apa saja yang bisa membuat bisnis Anda gulung tikar/bangkrut.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas 7 kesalahan yang umumnya sering dilakukan oleh pembisnis kuliner yang tidak disadarai. Apa saja ke 7 hal tersebut. Yuk simak artikel ini sampai selesai.

1. Salah Riset Pasar dan Kompertitor

Kuliner adalah kebutuhan pokok semua orang yang mungkin Anda fikir akan mudah dalam mengembangkanya. Eits janganlah Anda gegabah dulu ya.  Anda harus benar-benar menrencanakan secara matang. Tentukan strategi yang baik dna benar. Anda bisa memulai dari membaca tren pasar dan para pesaing yang bermain di dalamnya. Kalau bisa Anda jangan menjual kuliner yang sudah banyak dipasaran. Kalaupun sama, munculkan inovasi agar produkm Anda terlihat berbeda dari yang lain.

2. Tidak Memiliki Pengalaman di Bidang Bisnis Kuliner

Tidak memiliki pengalaman maupun kurangnya pengalaman bisa menjadi boomerang bagi Anda. Sebelum Anda membuka usaha kuliner ini sebaiknya Anda gali informasi yang berkaitan dengan bisnis kuliner terlebih dahulu. Dan Anda bisa belajar dari orang-orang yang sudah berpengalaman dibidang bisnis kuliner.

3. Lokasi

Tak jarang pemilik restoran bangkrut karena membuka bisnis di tempat yang salah. Oleh karena itu penting sekali buat Anda untuk mempertimbangkan tempat secara matang sebelum memutuskan membuka bisnis ditempat tersebut. Sebaiknya Anda buka restoran di lokasi yang cukup strategis, misalnya di area kampus, sekolah, tempat wisata, atau tempat lain yang menjadi pusat keramaian. Dengan begitu, potensi untuk laris mulai terbuka lebar.

4. Kualitas Makanan

Namanya bisnis kuliner pasti yang di jual makanan jadi Anda harus benar-benar mengandalkan kualiatas dan kebersihan makanan. Karena ke dua hal tersebut menjadi alasan utama para konsumen datang ke tempat Anda. Tapi sayangnya banyak juga pebisnis yang masih mengabaikan poin penting ini. 

Sebagai penjual (pebisnis) Anda harus bisa memposisikan diri sebagai pembeli. Konsep atau tema kuliner memang penting, namun jika tidak diimbangi dengan kualitas, tentu pelanggan akan lari.

5. Tidak Melakukan Promosi

Tak ada bisnis yang bertahan tanpa ada kegiatan promosi yang efektif dan berkelanjutan. Anda tentu ingin punya banyak pelanggan, maka dari itu jangan malas untuk melakukan promosi. Pemasaran tidak hanya dari mulut ke mulut, akan lebih efektif apabila dilakukan melalui poster, spanduk, leaflet secara konvensional maupun online.

6. Lemahnya Kontrol Staff dan Inventaris Barang

Penyebab gulung tikar sebuah restoran tak hanya dari faktor eksternal, tetapi dari internal juga, lo. Misalnya, Anda rugi karena banyak peralatan dapur yang hilang. Ini bisa disebabkan oleh lemahnya kontrol terhadap barang-barang invetaris atau karyawan Anda  yang melakukan penyelewengan. 

7. Buruknya Manajemen Keuangan

Ini dia yang sering kali terjadi pada pebisnis. Terkadang tidak ada bedanya antara uang pribadi dan uang usaha. Mengakibatkan sistem keuanganya tidak jelas. Oleh karena itu Anda harus benar-benar membedakan mana uang bisnis dan uang milik Anda. 

Gunakan pencatatan keuangan yang baik dan benar sehingga data transaksi dapat tercatat dengan baik dan benar. Sehingga Anda dapat tahu bagaimana kondisi keuangan bisnis Anda. Apakah baik atau malah sebaliknya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Dan jangan sungkan untuk membagikan artikel ini kehalaman sosial media Anda, agar teman Anda juga mendapatkan manfaatnya. Salam Let’s #beefree

 

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Asal kamu mau berjuang untuk meraihnya. @venjaskens

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *