Tipe-Tipe Promosi Potongan Harga yang Wajib Anda Ketahui

Tipe-Tipe Promosi Potongan Harga yang Wajib Anda Ketahui

Apa yang Anda pikirkan pertama kali ketika mendengar sebuah obral besar dengan diskon yang fantastis? Apakah Anda akan mengabaikan obral tersebut? Rasanya hampir semua akan menyiapkan stamina dan energi untuk berburu diskon besar-besaran tersebut.  Walaupun terkadang barang yang dibeli bukan merupakan kebutuhan yang penting, namun dengan adanya diskon akan sulit untuk dihindari.

Potongan harga atau diskon merupakan elemen penting dalam memasarkan suatu produk. Cocok untuk Anda yang sedang menjalankan bisnis ritel ataupun distributor. Meskipun terlihatnya memotong harga menjadi lebih murah, strategi ini sebenarnya berdampak langsung pada jumlah keuntungan yang didapat dari produk yang sedang Anda jual.

Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memberi Diskon.
Sebelum Anda menggunakan strategi ini untuk meningkatkan penjualan Anda, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa faktor yang akan terjadi setelah menerapkannya. Anda perlu merencanakan dengan matang hal-hal apa yang dibutuhkan dan diperhatikan.

Mengetahui profit margin, mark up, dan breakeven point Anda saat ini merupakan langkah pertama yang perlu Anda lakukan. Setelah itu, Anda juga harus menghitung banyaknya  diskon yang harus diberikan untuk mendapatkan keuntungan maksimal, menjalankan diskon seiring dengan strategi pemasaran tertentu untuk menarik perhatian pelanggan baru dan membawa kembali pelanggan lama, menentukan produk-produk yang bisa digunakan sebagai alat promosi tanpa harus melakukan potongan harga, dan menentukan berapa lama periode diskon ini ditawarkan.

Tipe-tipe Promosi Potongan Harga (Diskon).
Yang perlu Anda ketahui juga, ada beberapa tipe diskon yang bisa Anda terapkan. Tujuannya tidak jauh dari untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

1. One Product Discount.
Ini merupakan hal yang paling umum digunakan oleh kebanyakan pengusaha. Memberikan potongan harga pada suatu produk tertentu untuk menarik minat pelanggan. Namun Anda harus mengatur strategi potongan harga agar nantinya saat menjalankan sistem diskon Anda tidak mengalami kerugian.

2. Diskon Jangan Panjang.
Anda juga dapat menawarkan ‘jangka panjang’ sebagai syarat guna mendapat diskon. Contohnya, jika Anda menjual koran dan pembeli bersedia berlangganan per bulan dalam satu tahun, maka harga per satuan koran akan lebih murah dibanding jika harus membeli secara eceran.

3. Penawaran Layanan Tambahan.
Siapa yang tidak tergiur dengan adanya tawaran layanan tambahan? Terlebih lagi bila Anda memberikannya secara gratis! Contohnya, jika Anda adalah penjual handphone, maka Anda akan membantu menginstalkan aplikasi dan memberikan pelapis anti gores handphone secara cuma-cuma kepada para pelanggan Anda.

4. Menjual dengan Sistem Satu Paket.
Tipe ini bisa digunakan guna mendorong pelanggan membeli dengan harga paket. Memang tidak jauh berbeda dengan diskon jangka panjang, namun pembeli yang membeli produk dengan sistem satu paket membuat harga per satuannya lebih murah jika dibandingkan dengan harga eceran. Dan produk yang dijual dengan sistem satu paket biasanya terdiri dari beberapa variasi produk.

5. Diskon Besar-besaran untuk Produk Favorit.
Bila Anda memberi diskon besar pada produk yang sedang dicari oleh banyak orang, maka dapat dipastikan jumlah pembeli yang datang ke tempat Anda akan meningkat dan memberikan keuntungan yang tinggi untuk Anda. Namun Anda juga perlu mengetahui produk mana yang sedang banyak dicari.

Diskon merupakan strategi yang paling diminati guna untuk meningkatkan penjualan Anda. Namun yang paling penting Anda juga harus bijak melaksanakannya. Karena bila salah langkah maka tidak lain malah membuat Anda menjadi rugi.

Saran kami, Anda bisa mencoba menggunakan alat bantu yaitu software kasir yang bisa mendukung strategi Anda menerapkan diskon. Tujuannya agar Anda tidak kualahan menjalankan sistem diskon Anda.

Menurut Anda apakah ada tipe diskon lain yang bisa ditereapkan untuk meningkatkan penjualan? Silahkan komentar dibawah yaa…

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Digital Marketing | Bisnis itu 'Efek', penyebabnya itu penggunanya sendiri..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

// //