Tipe-tipe Teknik Marketing yang Wajib Anda Ketahui

Tipe-tipe Teknik Marketing yang Wajib Anda Ketahui

Menjual produk tidak hanya memajang produk saja, akan tetapi teknik marketingnya juga harus dikedepankan. Jika seseorang memiliki teknik yang baik, maka itu akan membuat produk mereka laku di pasaran. Jangan menjual barang dengan asal-asalan, karena bisa jadi omset yang Anda terima tidak sesuai dengan perkiraan.

Beberapa Teknik Marketing yang Harus Dikuasai

Cara memasarkan barang berbeda beda, akan tetapi jika mengetahui teknik marketing maka akan lebih mudah dalam menghabiskan produk yang dibuat. Kebanyakan orang yang belum paham teknik marketing adalah kalangan pembisnis pemula. Berikut beberapa teknik marketing yang wajib diketahui sebelum melakukan usaha:

1. Menggunakan Sosial Media

1. Menggunakan Sosial Media

Teknik pemasaran yang gratis, mudah dan efektif adalah sosial media. Sosial media bisa berbentuk Facebook, Instagram, Twitter ataupun yang lainnya. Anda tidak harus menemui langsung calon pembeli pada saat mempromosikan barang. Cukup dengan memposting pada media sosial tersebut maka calon pembeli akan berdatangan.

Pada saat mempromosikan produk menggunakan media sosial, hendaknya memiliki sasaran yang cocok. Jangan asal-asalan dalam mempromosikan barang. Bisa jadi Anda akan dianggap spam oleh pihak penyedia media sosial tersebut. Dengan promosi yang menarik, bisa jadi orang akan tertarik dengan produk yang ditawarkan.

2. Menawarkan Produk Secara Gratis

Berikan testimoni kepada pelanggan yang bertanya tentang bagaimana produk Anda tersebut. jika produk tersebut berupa makanan, alangkah baiknya menyuruh untuk mencobanya terlebih dahulu. Maka pelanggan akan menilai tentang produk tersebut. Sehingga mereka akan membeli produk yang diberikan. Dengan begitu, akan terjawab tentang keunggulan dari produk Anda.

3. Memilih Tempat Strategis

Jika Anda berjualan barang hendaknya memilih tempat yang ramai dikunjungi orang. Dengan banyaknya orang yang lalu lalang, maka setidaknya mereka akan melirik produk yang ditawarkan. Tidak menutup kemungkinan banyak diantara mereka yang menghampiri tempat berjualan Anda. Dengan begitu, Anda bisa menawarkan produk tersebut.

Jika tempat tersebut sepi maka orang akan susah untuk menemukan dimana Anda berjualan. Lain halnya jika produk sudah terkenal, walaupun tempatnya susah dicari tetap banyak orang yang mengunjunginya. 

Baca Juga: 5 Tips Mengelola Keuangan Bisnis Petshop

4. Memberi Insentif untuk Rekomendasi

Berikan insetif kepada pelanggan. Insetif tidak harus uang, akan tetapi bisa juga potongan harga ataupun kupon belanja dan sejenisnya. Berikan kepada orang yang sering datang ke tempat Anda, dengan begitu mereka akan menceritakan pengalamannya kepada orang lain.

Maka akan berefek ke tempat usaha Anda dan semakin ramai dikunjungi. Semakin ramai tempat Anda, semakin besar pula omset yang bisa diraup.

5. Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Pelanggan yang loyal harus diperlakukan lebih baik. Bisa juga dengan memberikan menu ataupun barang secaca cuma-cuma kepada mereka. Dengan begitu tidak akan berpaling ke tampat lain. Kebanyakan orang yang sudah cocok akan susah untuk berpindah ke lain toko. Oleh karena itu, perlakukan pelanggan dengan baik.

Sama halnya dengan pelanggan baru, seseorang harus memberikan kenyamanan pada saat mereka mencari apa yang diindinkan. Jangan sampai mereka menjadi bosan saat masuk ke tampat usaha Anda. Perlakuan yang baik akan meningkatkan hubungan yang positif dengan pelanggan. Jadi prioritaskan pelanggan.

Ada berapa teknik marketing yang bisa Anda kuasai? Seseorang tidak boleh meremehkan pemasaran produknya. Pemasaran yang bagus akan menghasilkan kemajuan positif untuk produk yang dijual. Oleh karena itu, perlu kiranya memahami teknik marketing secara lebih mendalam. Apakah Anda kesusahan dalam memasarkan produk? Isikan pandangan dan keluhan Anda di kolom komentar.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.