Tips Buat Karyawan Lebih Bahagia dan Terus Berkarya

Bertanggung jawab sebagai atasan itu tidak mudah.Ada banyak orang menggantungkan hidupnya di perusahaan yang ia miliki. Namun bukan berarti hal tersebut bisa membuat seorang pemimpin menjadi semena – mena sebab bisa berpengaruh terhadap kinerja dari para karyawan dan stafnya. Ini akan memberikan kerugian yang teramat besar pada akhirnya. Lingkungan kerja juga menjadi tidak kondusif.

Treatment dan perlakuan baik kepada staf dan karyawan juga dibutuhkan untuk meningkatkan loyalitas mereka terhadap perusahaan. Suasana kekeluargaan di tempat mereka bekerja juga dengan sendirinya bisa terbangun, hal ini jelas akan berdampak pada kinerja yang semakin baik dan meminimalisir persaingan dan membuat kreatifitas mereka semakin meningkat.

Bagaimana Cara Membuat Karyawan Terus Berkarya dan Bahagia?

1. Memberikan Insentif Setiap Bulan

Untuk membuat karyawan Anda semakin semangat dalam berkarya, berikanlah insentif setiap bulan dengan syarat. Misalnya, apabila dalam satu bulan seorang karyawan tidak pernah absen dengan alasan apapun maka ia berhak mendapatkan uang insentif tambahan Rp 200.000,- per bulan.

2. Tunjangan

Setidaknya berikanlah tunjangan tetap untuk karyawan Anda. Tunjangan ini biasanya diperuntukan untuk tunjangan istri, anak, transportasi, dan lain – lain. Meskipun jumlahnya tidak begitu besar namun karyawan dan keluarganya akan merasa lebih diperhatikan kesejahteraannya.

3. Asuransi

Karyawan merupakan asset perusahaan yang perlu dilindungi. Apalagi jika pekerjaan yang dilakoninya merupakan pekerjaan di lapangan yang lebih banyak bahayanya. Untuk mengatasi meminimalisir pengeluaran perusahaan, Anda bisa mengimbangi dengan pemberian asuransi kesehatan dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan. Jadi tidak semua mendapatkannya.

4. Acara Family Gathering

Untuk mempererat rasa kekeluargaan dan untuk menghilangkan ketegangan bekerja, Anda bisa mengadakan acara family gathering untuk seluruh karyawan dan staf. Pilihah satu tempat rekreasi yang santai dan buatlah acara seakrab mungkin. Tambahan memberikan hadiah – hadiah kecil saat pelaksanaan family gathering juga merupakan ide yang baik.

Hal ini akan membuat para karyawan merasa bahwa Anda adalah pemimpin yang peduli dan rendah hati, mereka pun akan bekerja lebih baik lagi.

5. Jenjang Karir

Untuk memicu semangat dan juga meningkatkan etos kerja, pemberian jenjang karir itu perlu. Orang – orang yang ambisius dan memiliki tujuan pandangan hidup harus selalu maju pasti akan berlomba – lomba untuk bisa terus menanjak dengan karirnya. Hal ini juga akan menghindarkan karyawan dari rasa bosan dan juga menghindarkan mereka dari rasa ingin berpindah pada pekerjaan lain.

Jika banyak karyawan yang bosan dengan sistem kerja tanpa ada jenjang karir bisa dipastikan bahwa loyalitas dan kinerja mereka tidak akan meningkat. Bagi mereka, asal bekerja selama masa kontrak saja yang paling penting. Tak perlu total dan membuat kemajuan atau prestasi tertentu karena tidak akan ada reward karir yang didapat.

6. Manajemen Stress dan Konseling

Pekerjaan apapun pasti ada saat mudah dan saat tersulitnya. Jika di masa sulit karyawan tertekan, ini akan berbahaya bagi produktifitas perusahaan. Untuk mengatasinya, perlu adanya fasilitas konseling gratis yang diberikan pada karyawan. Biasanya ini bisa diadakan di bagian HRD.

Staf dan karyawan bisa bebas berbagi dan bercerita kapan saja kepada konselor mengenai masalah yang dihadapi. Ini akan benar – benar membantu meringankan beban, sehingga kinerja kembali lagi membaik.

Tips – tips di atas sangat berguna pasti. Sebagai karyawan sebuah perusahaan, apa tanggapan Anda? Apakah setuju? Setuju atau tidak, silakan tulis di kolom komentar dan berikan alasannya.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.