Tips Memanfaatkan Modal Usaha dengan Baik dan Bijaksana

Tips Memanfaatkan Modal Usaha dengan Baik dan Bijaksana

Modal usaha merupakan hal yang sangat penting bagi seorang pengusaha atau orang yang akan memulai usaha. Modal usaha bukan hanya menyangkut uang saja, tetapi juga meliputi kemampuan, peralatan, perlengkapan, dan jaringan relasi.

Modal usaha tersebut digunakan untuk menggerakkan usaha mereka supaya mencapai tujuan tertentu. Oleh sebab itu, modal usaha sangat penting untuk dikelola sebaik-baiknya. Apakah Anda sudah mengetahui cara yang tepat untuk mengelola usaha Anda? Anda dapat menyimak ulasan berikut agar wawasan Anda semakin bertambah.

4 Tips Memanfaatkan Modal Usaha

1. Mencari tahu tentang rasio modal kerja sekarang ini

Mencari tahu rasio modal kerja penting dilakukan sebelum sebelum menetapkan jalur untuk mengembangkan usaha Anda. Anda dapat melakukannya denan cara membagi aset lancar yang Anda miliki, misalnya uang tunai, persediaan dan piutang berdasarkan kewajiban lancar, termasuk pula hutang, yaitu pembayaran pemasok, pajak, dan pembayaran untuk pembiayaan bisnis dalam jangka yang panjang.

Apabila rasio yang didapatkan kurang dari satu, maka usaha itu tidak mempunyai cukup modal kerja untuk membayar kewajiban jangka pendek, sedangkan rasio yang lebih dari satu berarti usaha tersebut memiliki posisi yang bagik untuk bertumbuh.

2. Mengelola persediaan

Persediaan yang terlalu banyak dapat mengikat sebagian uang tunai Anda dan menyebabkan biaya penyimpanan meningkat. Namun, persediaan yang terlalu sedikit pun dapat menghilangkan potensi penjualan. Oleh sebab itu, penting sekali untuk memprediksi tuntutan pembelian berdasarkan sejarah penjualan. Hal tersebut akan membantu Anda dalam mempertahankan persediaan yang cukup.

3. Kelola faktur

Anda dapat mengirimkan tagihan dan faktur dengan segera karena hal tersebut dianggap sebagai piutang usaha sehingga akan meningkatkan modal kerja. Hal tersebut dapat mempermudah Anda untuk memastikan pengelolaan modal kerja yang tepat.

Selain itu, Anda dapat mmpraktikkan proses kredit yang baik dengan klien, misalnya dengan meminta proses pembayaran dalam waktu 15 hari. Supaya klien berkenan melakukan pembayaran dengan cepat, Anda dapat menawarkan diskon yang menarik untuk mereka. Dengan demikian, arus kas bisnis atau usaha Anda akan lebih cepat bergerak sehingga kebangkrutan dapat terhindarkan.

Anda pun dapat melakukan negosiasi kepada pemasok agar persyaratan pembayaran semakin baik. Sebaiknya, Anda menghindari pembayaran yang lebih awal dari tangal pembayaran. Anda pun dapat memiliki vendor lebih dari satu agar fungsi inventaris dapat maksimal.

4. Membuat rencana kontingensi

Rencana kontingensi sangat penting untuk direncanakan karena hal tersebut membuat Anda mampu menghadapi hal-hal yang tidak terduga. Setiap bisnis atau usaha pasti memiliki risiko. Kenali risiko yang bisa jadi mengenai bisnis atau usaha Anda, misalnya kecelakaan kerja, penipuan oleh konsumen, kebakaran salah satu ruko, dan sebagainya.

Dengan demikian, Anda mampu meningkatkan kapasitas dan kewaspadaan bisnis Anda sehingga risiko-risiko negatif dapat dihindarkan atau diminimalisasi. Rencanakan langkah-langkah Anda untuk mengatasi risiko pada bisnis Anda. Usahakan membuat rencana yang spesifik, terukur, dan mungkin dijangkau.

Untuk mengelola modal usaha dan memperlancar bisnis atau usaha Anda, tentunya Anda memerlukan sebuah fitur canggih yang memudahkan pekerjaan Anda. Apabila Anda sudah memiliki banyak cabang, tentu akan sangat merepotkan jika Anda berbolak-balik tempat hanya untuk mengecek kondisi keuangan cabang Anda.

Oleh sebab itu, terdapat fitur yang mampu membantu Anda, yaitu BeePos. BeePos adalah sebuah aplikasi kasir atau pos online yang memudahkan Anda berjualan dengan aman. Dengan menggunakan fitur ini, maka Anda memiliki keuntungan untuk berjualan dengan aman, menganalisis bisnis dengan angka, mencetak nota dengan mudah, dan mengintip omset Anda. Menarik, bukan?

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Digital Marketing | Bisnis itu 'Efek', penyebabnya itu penggunanya sendiri..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.