Tips Membuat Action Plan agar Mudah Mencapai Target

Tips Membuat Action Plan agar Mudah Mencapai Target

Perencanaan merupakan persiapan yang harus kita siapkan di awal- awal, sebelum melakukan tindakan. Tindakan tindakan tersebut, tentu saja banyak jenisnya. Namun, Setidaknya kita melakukan sebuah usaha secara analitis, agar sebuah perencanaan tersebut tercapai dengan baik. Maka tindakan kita harus mempunyai action plan yang jelas.

Oleh sebab itu, jenis perencanaan memang baiknya, dipisah- pisahkan menjadi sebuah implementasi agar kita mudah untuk mengambil sebuah keputusan. Dan tentunya sebuah keputusan tersebut akan berpengaruh atas kebijakan penting , agar dapat ditelaah lebih awal. Oleh karena itu action plan harus disiapkan sebelum melakukantindakan.

Langkah Membuat Action Plan

1. Memaparkan Sebuah Solusi Untuk Mencapai Target dan Goal.

Saat membuat rencana, tentu saja tidak terlepas dari beberapa penghalang. Dan tujuan anda harus memaparkan langkah- langkah agar rencana tersebut berjalan dengan baik. Anda harus dapat membuat jalan- jalan solusi, untuk mengantisipasi sebuah masalah yang biasanya terjadi.
Bila dalam sebuah organisasi, maka anda perlu memaparkan dan mendefinisikan sebuah solusi kedalam sebuah langkah- langkah alternatif, untuk mencapai goal dan objektif. Contoh, bahwa setiap rencana adalah sebuah langkah teoritis yang harus di sadari baik setiap data dan faktanya.
Maka jangan terkejut bila peraktik lapangan tidak sesuai apa yang kita rencanakan. Oleh sebab itu pemaparan setiap solusi untuk mencapai goal atau target, haruslah bervariatif dan tidak tertumpuk.

2. Membuat List Dari Tindakan Untuk Mencapai Target.

Anda harus pandai untuk memuat beberapa langkah dengan brainstorming. Hal ini berguna agar langkah- langkah anda tetap teratur. Oleh sebab itu sebuah list atau daftar dari tindakan yang akan di prediksi dapat berguna untuk menjadi pengingat anda.

3. Membuat time line.

Anda harus membuat sebuah urutan yang pasti dan dapat dilakuan secara rasional. Oleh karena itu membuat time line dari strategi anda akan sangat penting. Dan bila perlu anda harus mengisi beberapa detail dari perencanaan anda. Contohnya membuat waktu, mulai dari hari, tanggal hingga jam sekalipun. Semua ini harus melakukan pengumpulan data yang tepat.

4. Memanfaatkan Sumber.

Sumber daya akan terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Finansial
2. SDM (sumber daya manusia)

Kedua unsur diatas, harus di atur dan dialokasikan, dalam setiap langkah serta tindakan yang ada. Hal tersebut harus di buat semendetail mungkin, agar menghindari segala bentuk kesalahan.

5. Memprediksi Sebuah Masalah.

Memprediksi beberapa masalah, bisa dilakukan dengan memaparkan beberapa tindakan dan data- data yang sudah anda buat. Disini anda perlu melakukan pengohalahan data secara mendalam agar mampu mempertimbangkan beberapa dampak kedepan. Jangan malas untuk membuat beberapa list masalah dan solusinya. Karena langkah ini akan sangat menentukan.

6. Meneliti Langkah Demi Langkah.

Mengembangkan dari strategi anda kebelakang adalah cara yang memang tidak gampang. Karena biasanya sebuah peraktik akan sangat berbeda dari teori- teori yang sudah kita susun. Namun hal tersebut adalah sebuah kesempatan, karena kita yang sudah terbiasa membuat perencanaan akan sangat mudah, bila kita harus menyusunnya dan membuat improvisasi kecil untuk menyatukan planing- planing dari langkah yang terurai.

Hal terakhir yang bisa anda lakukan adalah jangan menyerah untuk mencoba untuk terus merevisi beberapa tindakan anda. Karena hal tersebut akan menentukan keberhasilan anda. Trial and error adalah hal yang biasa dilakukan bagi seseorang yang sudah memiliki rencana. Demikian beberapa langkah untuk membuat Action Plan yang baik, anda punya pengalaman dan saran lain? yuk diskusi di kolom komentar!

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.