Tips Memulai & Menjalankan Usaha Minimarket

Tips Memulai & Menjalankan Usaha Minimarket

Untuk memulai usaha minimarket hampir sama dengan memulai bisnis yang lainnya. Sama-sama membutuhkan modal, perencanaan dan juga waktu. Usaha minimarket ini telah banyak diminati oleh pelaku bisnis karena merupakan bisnis yang menjanjikan. Dengan pemilihan lokasi yang tepat, item produk yang ready stok serta struktur harga yang baik dalam beberapa waktu kedepan anda dapat memperoleh keuntungan.

Baca Juga: Seberapa Pentingnya Aplikasi Kasir untuk UKM

 

Langkah-Langkah Menjalankan Usaha Minimarket

1. Step Merencanakan Usaha Minimarket

  • Putuskan apakah akan memulai toko dari nol atau membeli minimarket waralaba.
  • Akan banyak modal yang diperlukan bagi kedua pilihan diatas, namun waralaba mungkin lebih mudah dalm hal pemasaran. Jika anda memtuskan untuk waralaba perhatikan bahwa waralaba yang anda beli adalah yang memang telah diterima pasar agar lebih mudah
  • Kembangkan pemasaran dan rencana bisnis anda. Baik itu anda akan membuka minimarket sendiri atau menggunakan waralaba anda harus mempunyai ide pemasaran yang akan membantu anda mengenalkan usaha anda. buatlah rencana bisnis yang mencantumkan nama dan struktur bisnis anda misalnya kepemilikan tunggal atau kemitraan atau yang lainnya.
  • Lanjutkan dengan membuat daftar barang dan layanan yang akan anda tawarkan serta perkiraa biaya start up. Kembangkan rencana pemasaran yang telah anda susun dengan lebih dulu melakukan analisa persaingan dan basis pelanggan. Setelah itu lakukan pemasaran dengan menganalisa industri minmarket keseluruhan dan atur rencana ilkan, papan nama, dan media lainnya.
  • Tentukan anggaran untuk melalukan start up minimarket anda. Besarnya biaya start up memang berbeda untuk masing-masing wilayah dan juga banyakanya jenis layanan dan barang yg dijual. Rata-rata biaya start up sekitar 30 juta hingga 200 juta.
  • Siapkan modal serta pendanaan yang dibutuhkan untuk minimarket anda. Apabila anda belum mempunyai modal untuk menutup biaya start up ini kemungkinan terbesar adalah anda mengambil pinjaman untuk bisnis anda. Ada beberapa bank yang bisa anda ajukan pinjaman. Pastikan semua persyaratan pengajuan pinjaman telah anda lengkapi

2. Step Memulai Usaha Minimarket

  • Memilih lokasi yang tepat untuk minimarket anda. anda tentu sudah mengetahui bahwa lokasi adalah segalanya dalam usaha minimarket. Dengan memilih lokasi yang tepat tentu pelanggan akan merasa nyaman dan senang berbelanja di minimarket anda. Sebuah minimarket akan lebih mendapat nilai lebih dengan adanya lahan parkir, bangunan minimarket terlihat.
  • Belilah peralatan yang diperlukan minimarket anda seperti rak gondola yang membuat toko anda lebih terlihat profesional. Lengkapi dengan kamera pengawas, alarm, mesin kasir, pemadam kebakaran, pendingin minuman, mesin pemroses kartu kredit maupun debit. Namun jika anda memilih waralaba semua peralatan dan perlengkapan sudah disediakan
  • Lakukan kontrol keamanan dalam minimarket. Anda bisa menghubungi departemen kesehatan dan dinsa pemadam kebakaran untuk memeriksa etalase minimarket dan memastikan semua telah aman.
  • Perkuat hubungan dengan supllyer barang-barang yang anda jual dalam minimarket anda. Semua barang yang akan anda jual tentu membutuhkan pemasok untuk mengantarkan barang yang anda perlukan ke minimarket. Anda tentu harus memilih pedagang grosir yang terpercaya dan mempunyai harga yang sesuai dengan apa yang anda tentukan.
  • Kontrol semua stok yang ada dalam minimarket anda. aturlah semua barang sedemikian rupa hingga memudahkan anda dalam melakukan stok barang. Banyak metode yang bisa anda gunakan seperti FIFO, LIFO, AVCO, FEFO dan lainnya.
  • Rekrut karyawan yang kompeten.

Setelah mempraktekkan beberapa step atau tips yang telah dijelaskan diatas, lambat laun, usaha minimarket yang anda jalankan, pasti semakin sejahtera. Tidak hanya omzet yang meningkat, namun kesejahteraan karyawan juga sangat penting loh!

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.