Tips Memulai Usaha Waralaba Supermarket untuk Pemula

Supermarket adalah salah satu bidang bisnis yang paling menjamur, dapat dilihat dari posisi tiap supermarket yang terlihat selalu berdampingan satu sama lain. Seperti yang banyak diketahui, tidak sedikit label-label supermarket yang berdiri saling berdekatan, meski begitu tetap saja supermarket-supermarket itu ramai didatangi. Hal ini mengindikasikan bahwa terutama bisnis ritel masih menjanjikan.

Terdapat berbagai pilihan guna membuka bisnis supermarket. Anda dapat melakukannya dengan konsep supermarket mandiri dengan label sendiri atau dengan konsep waralaba (franchise). Namun, banyak sekali orang bakal lebih memilih untuk memungut konsep waralaba sebab mudah dan telah terkenal.

Seperti layaknya membuka jenis bisnis lain, mengawali bisnis waralaba supermarket pun perlu persiapan dan perencanaan yang matang. Jika Anda tertarik guna membuka bisnis waralaba supermarket, tips-tips sebagai berikut bisa Anda terapkan.

1. Menggali Informasi Waralaba Supermarket.

Bisa dikatakan hal ini sangat penting untuk menggali segala informasi tentang waralaba supermarket, terutama tentang besar modal dan persyaratan yang dibutuhkan. Yang mesti Anda cari tahu bila hendak memulai bisnis waralaba supermarket tentunya masalah modal.

Saat ini perusahaan retail yang ada, seringkali menawarkan waralaba supermarket mereka dalam format paket. Anda dapat menggali informasi itu langsung melewati situs sah perusahaan atau dari tulisan bersangkutan.

2. Rencana yang Matang.

Buat perencanaan yang matang meski jika Anda melakukan pembelian lisensi waralaba, Anda tidak perlu membuat ide pemasaran dan perencanaan bisnis supermarket Anda. Bagaimanapun pun bisnis ialah bisnis, entah tersebut waralaba atau bukan.

Tidak menjamin bahwa bisnis waralaba Anda bakal sesukses bisnis waralaba yang telah ada. Karena tidak sedikit faktor lain yang dapat memprovokasi sukses atau tidaknya suatu bisnis berjalan. Seperti contohnya pemilihan tempat atau pelayanan toko.

3. Perhitungan Modal Awal.

Anda perlu memperhitungkan modal awal. Karena modal awal tersebut bakal bergantung pada harga properti di wilayah yang hendak Anda jadikan tempat supermarket, dan juga paket waralaba yang Anda ambil.

Anda mungkin membutuhkan modal Awal berkisar mulai dari Rp200.000.000 sampai Rp1.000.000.000, bahkan lebih. Jadi pastikan Anda mempelajari hal-hal yang bersangkutan dengan pendahuluan supermarket dan pertimbangkan ongkos untuk mengawali usaha di wilayah Anda guna menilai modal yang diperlukan.

4. Mempersiapkan Modal.

Bisa jadi Anda tidak mempunyai modal yang dibutuhkan untuk membuka waralaba supermarket Anda. Dengan kata lain Anda harus melakukan pinjaman. Anda barangkali bisa meminjam ke bank nasional untuk jenis pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau pilihan lain yang ditawarkan oleh pihak bank.

Atau dengan cara lain yaitu investasi. Anda bisa mencari orang-orang yang ingin berinvestasi untuk bisnis Anda. Atau mungkin Anda juga bisa menyuruh teman untuk menanamkan modalnya.

5. Lokasi Bisnis yang Strategis

Pada umumnya, perusahaan waralaba tidak menyediakan tempat untuk membuka supermarket. Oleh karena itu perlu untuk menyediakan tempat bisnis waralaba supermarket Anda. Jika Anda telah mempunyai tempat sendiri, maka Anda dapat memperkecil modal bisnis waralaba.

Usahakan lokasi yang dipilih merupakan lokasi yang strategis. Tempat yang strategis adalah tempat yang mudah untuk di akses, banyak pengendara disekitar. Anda bisa mencontoh supermarket terkenal yang selalu memilih tempat yang strategis.

6. Lengkapi semua Dokumen dan Ijin Usaha.

Pastikan bahwa Anda telah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dan mempunyai izin usaha. Kebanyakan perusahaan waralaba mensyaratkan untuk memberikan dokumen seperti fotokopi KTP, KK atau identitas lain. Biasanya juga diminta untuk disertakan pada dokumen aslinya.

Untuk perizinan usaha pun diperlukan dokumen seperti Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Surat Izin Untuk Perusahaan (SIUP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

7. Memulai Kontrak dengan Perusahaan Waralaba.

Setelah modal, persyaratan dan persiapan lainnya telah selesai, tahapan terakhir ialah membuat kontrak dengan perusahaan. Pada tahap ini Anda perlu meregistrasi terlebih dahulu. Ketika membuat kontrak, Anda dan pihak perusahaan tentunya akan bertukar pikiran mengenai deviden toko perbulan, mekanisme kerjasama, besaran investasi, dan sistem operasional.

Pastikan bahwa semua itu sesuai dengan perencanaan bisnis Anda. Jika kontrak telah dibuat, maka Anda tinggal mempersiapkan untuk membuka supermarket Anda sendiri. Anda juga dapat membaca tips-tips gampang untuk menjalankan usaha waralaba.

Itulah 7 tips membuka bisnis waralaba supermarket dengan modal kecil. Perlu diingat, bisnis apapun yang hendak Anda mulai semuanya pasti membutuhkan modal, persiapan dan perencanaan yang baik. Tak terkecuali untuk bisnis waralaba supermarket sekalipun.

Ketahuilah seluruh informasi yang memiliki hubungan dengan bidang bisnis yang hendak Anda jalankan dan buatlah perencanaannya. Dengan begitu, akan membuka kesempatan yang lebih banyak untuk Anda menjadi untung dan sukses.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Digital Marketing | Bisnis itu 'Efek', penyebabnya itu penggunanya sendiri..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.