Tips Mencari Karyawan Terpercaya Untuk Bisnis Kecil

Tips Mencari Karyawan Terpercaya Untuk Bisnis Kecil

Komunikasi yang tidak jelas, adalah sebuah permasalahan “klasik”, yang biasanya dilakukan oleh sebagian owner perusahaan yang bergerak di bisnis kecil, kepada karyawannya. Oleh karena itu, pentingnya memahami tips mencari karywanan terpercaya untuk bisnis kecil adalah salah satu langkah yang mungkin tidak bisa kita hindari dan patut kita pelajari.

Karena bila kita terus menerus mengganti karyawan yang keluar disebabkan hal kecil, tentu saja akan membuat anda harus membutuhkan waktu dan juga tenaga kembali, untuk melakukan perekrutan karyawan baru. Oleh sebab itu, agar kita tidak mendapat “bad review” oleh beberapa mantan karyawan, kita harus melakukan langkah awal dalam mencari karyawan yang baik.

Langkah Baik Mencari Karyawan Untuk Bisnis Kecil

1. Referensi Dan Koneksi

Mencari pekerja, tentu menghabiskan tenaga, biaya dan juga waktu yang ekstra. Maka dari itu anda harus memanfaatkan network dan koneksi dari orang- orang disekitar anda. Apalagi, bila usaha anda ini baru anda rintis. Cara ini merupakan cara yang mudah dan jugamurah. Anda bisa melakukan sharing, terhadap beberapa tetangga anda, siapa tahu ada yang berminat.

Anda dapat memberikan beberapa kriteria, kepada beberapa koneksi anda, agar koneksi anda dapat memberikan data- data yang valid terhadap kriteria pekerja yang anda butuhkan

2. Motivasi Kerja Calon Karyawan

Bila anda sudah mendapatkan karyawan, maka anda harus menyeleksi mereka, dengan mengetahui motiv atau motivasi mereka untuk bekerja. Memang hal ini akan terlihat sulit membedakan karyawan yang bersungguh- sungguh atau yang hanya main- main. Namun langkah terjitu untuk mengetahui motivasi calon pekerja adalah langkah penting.

Anda dapat mengenali gaya bicara dan juga keahlian yang dia miliki. Anda dapat melakukan beberapa pertanyaan seputar motivasi untuk bekerja. Contohnya cita- cita atau alasan dirinya ingin bekerja di perusahaan anda. Carilah karyawan yang lebih membutuhkan pekerjaan untuk kebutuhan hidup.

3. Tes Keahlian

Setelah mempunyai beberapa kandidat karyawan, anda dapat melakukan tes kemampuan para kandidat karyawan anda. Bila anda memiliki beberapa waktu luang, maka sebaiknya siapkan materi untuk ujian tertulis yang ringan, dengan pertanyaan lebih ke masalah pekerjaan anda. Setelah ujian tertulis, selanjutnya ujian praktek. Kedua hal tersebut tentu akan memudahkan untuk seleksi.

4. Kenali Karakter Calon dan Kandidat Karyawan

Jangan sampai terlena terhadap skill dan juga kemampuan calon karyawan anda, tanpa melihat  karakter calon karyawan anda. Karakter seseorang, tentu akan mempengaruhi mental dirinya dalam bekerja. Oleh sebab itu, anda harus dapat memahami karakter dengan memberikan beberapa pertanyaan spontan tentang masalah- masalah pekerjaan.

Karena karakter sendiri, akan sangat berperan penting dalam kerja tim saat bekerja. Anda pun dapat memulai menanyakan beberapa pertanyaan personal. Hal ini sangatlah efisien, untuk membantu anda mengetahui sifat dan karakter calon karyawan anda.

5. Pemahaman Hukum Ketenagakerjaan

Masyarakat yang baik, adalah masyarakat yang sadar hukum, dan begitu pula dengan bisnis. Baik itu bisnis kecil atau pun besar, harus memahami hukum yang berkaitan dengan bisnis itu sendiri. Dengan anda memahami hukum tentang tenaga kerja, maka usaha yang anda jalankan akan terbantu.

Beberapa kasus, sudah disetting dengan hukum yang berlaku, terhadap hak- hak karyawan serta kewajibannya. Contohnya waktu cuti, waktu istirahat dan yang lainnya. Karena menerapkan hukum dalam berbisnis, otomatis akan membantu perusahaan anda cepat untuk berkembang.

Dengan beberapa tips diatas, kami harap anda dengan mudah menemukan kriteria calon karyawan yang anda inginkan. Dengan menjelaskan SOP kerja adalah salah satu bentuk kepedulian kita terhadap perusahaan sendiri. Ditambah memberikan hak dan kewajiban karyawan sesuai porsinya. Demikian informasi diatas kita berikan, bila anda ingin memberikan saran, maka silahkan berkomentar dikolom komentar.

 

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.