Tips Mengatur Keuangan Usaha Warung Kecil

Tips Mengatur Keuangan Usaha Warung Kecil

Mengatur tentang keuangan dari usaha warung yang Anda rintis tidaklah jauh berbeda dengan mengatur keuangan pada usaha-usaha seperti biasanya. Ketika suatu usaha yang mulai berjalan dengan lancar maka di situlah akan mendatangkan pundi-pundi keuntungan dari usaha tersebut. Nah di situlah kita dituntut untuk mengatur keuangan dari usaha tersebut dengan baik. Hal tersebut dikarenakan jika salah dalam mengaturnya maka akan berdampak terhadap usaha yang ditekuni. Masuk di situ juga usaha warung.

Lalu bagaimana tips mengatur usaha keuangan warung agar berjalan dengan baik? Berikut ini adalah tips-tipsnya untuk Anda.

Pisahkan antara pembukuan pribadi dan pembukuan warung

Tips yang pertama adalah Anda harus memisahkan antara pembukuan pribadi dengan pembukuan warung. Pembukuan tersebut menjadi hal yang sangat penting dalam administrasi usaha warung yang Anda jalankan. Baik itu warung kecil maupun besar haruslah memiliki pembukuan. Hal tersebut bisa membantu Anda untuk melihat aliran dana dan juga keuntungan dari penjualan di warung Anda.

Faktor terpentingnya adalah mendisiplinkan keuangan pribadi dengan keuangan warung. Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa melihat dengan jelas ke mana saja keuntungan yang Anda hasilkan dari warung tersebut. Dengan melakukan disiplin tersebut maka akan mendatangkan dampak yang positif terhadap usaha yang Anda bangun. Meskipun warung yang anda rintis tersebut sudah besar Anda harus tetap menerapkan kedisiplinan tersebut dalam pemisahan pembukuan pribadi dengan pembukuan warung.

Gunakan Sistem FIFO

Sistem FIFO atau First In First Out yaitu istilah untuk penyebutan di mana barang pertama kali masuk atau in maka itulah yang harus keluar terlebih dahulu. Sistem FIFO inilah sangat baik untuk Anda terapkan dalam strategi penjualan di warung Anda. Dengan menggunakan sistem tersebut maka Anda tidak akan mempunyai stok barang-barang yang menumpuk di warung Anda.

Catat seluruh pengeluaran dan pemasukan dengan teliti

Tips yang selanjutnya yaitu mencatat seluruh pengeluaran serta pemasukan dari warung Anda secara teliti. Pemasukan adalah jumlah dana yang masuk yang telah diterima oleh Anda cari hasil produk yang telah dijual di warung tersebut atau produk yang sudah dibeli oleh konsumen. Sedangkan makna dari pengeluaran merupakan seluruh biaya yang harus Anda keluarkan untuk berbelanja lagi guna menunjang kelangsungan dari usaha warung Anda tersebut.

Misalnya seperti pengeluaran untuk membeli kantong plastik, belanja untuk stok barang di warung dan juga biaya operasional. Anda harus memastikan bahwa semua pemasukan dan juga pengeluaran harus Anda bukukan secara terpisah. Bahkan sekecil apa pun pengeluaran atau pemasukannya haruslah tetap Anda bukukan. Hal tersebut guna menghindari apabila suatu saat nanti Anda lupa. Dengan Anda memiliki catatan mengenai pemasukan dan juga pengeluaran, maka Anda bisa mengetahui berapa omset serta keuntungan yang bisa Anda dapatkan secara jelas selama warung Anda beroperasi.

Hindari Piutang dan utamakan pembayaran tunai

Jika Anda memiliki warung ada baiknya untuk menghindari utang piutang. Piutang adalah transaksi keuangan yang telah penjual berikan kepada para konsumen sedangkan konsumen tersebut akan membayarnya dalam kurun waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. Hal tersebut akan mendatangkan kerugian jika konsumen tersebut tidak segera membayarnya.

Maka sebaiknya Anda lebih mengutamakan pembayaran secara tunai. Sebab jika Anda memberikan kredit kepada konsumen Anda tentu saja Anda harus memiliki cadangan modal untuk menutupi uang tersebut.

Nah itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatur keuangan usaha warung milik Anda. Semoga tips dari kami ini memberikan manfaat kepada Anda. Selamat mencoba.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Comments

  1. Trima kasih atas tips-nya, sangat bermanfaat dan mudah dipahami…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.