Tips Mengelola Keuangan Untuk Bisnis Pulsa

Tips Mengelola Keuangan Untuk Bisnis Pulsa

Usaha yang saat ini banyak digeluti adalah usaha pulsa. Usaha-usaha tersebut menjadi kelebihan jam kerjanya yang fleksibel yaitu di mana Anda bisa melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja. Namun sayangnya banyak juga bisnis pulsa yang pada akhirnya rugi dan gulung tikar. Hal tersebut dikarenakan oleh banyak hal, yang salah satu faktor utamanya yaitu pengusaha pulsa tersebut tidak mengatur keuangannyanya secara baik.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang bagaimana tips mengatur keuangan untuk usaha pulsa yang Anda jalankan.

Pisahkan uang pribadi dan usaha

Biasanya hal tersebut sering dilakukan oleh pemula sehingga hal tersebut akan mengganggu arus kas dari usaha pulsa Anda. Anda juga akan kesulitan dalam mengontrol pengeluaran dan juga pemasukan dari penjualan pulsa tersebut. Maka dari itu sekecil apa pun usaha yang Anda lakukan sebaiknya Anda harus memisahkan antara uang pribadi dengan uang usaha agar catatan seluruh transaksi usaha Anda bisa tertata dengan rapi.

Lakukan transaksi secara tunai

Teks kedua yaitu melakukan transaksi secara tunai. Hal tersebut dikarenakan banyak bisnis yang bermasalah atau bahkan sampai belum tikar karena banyaknya utang yang diberikan. Pengalaman di lapangan yaitu sering sekali bagi pengusaha pulsa jika teman-temannya atau saudara membeli pulsa kepadanya maka lebih sering berhutang atau tidak membayarnya secara langsung. Hal tersebutlah yang bisa mengganggu proses pemasukan dari usaha usaha Anda. Sedangkan untuk cara mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan transaksi tunai, dengan begitu maka anda tidak perlu khawatir apabila dana usaha anda macet.

Atur modal menjadi dua kloter

Tips yang selanjutnya yaitu atur modal menjadi 2 kloter. Hal tersebut dikarenakan dalam mengelola usaha pulsa yang anda rintis tentu saja Anda memerlukan modal. Sebab untuk usaha pulsa anda harus terus mengisi saldo sebelum Anda memulai transaksi. Nah pada tahap ini maka anda harus menyiapkan beberapa kloter dalam pengisian saldo tersebut sehingga Anda tidak akan merasakan saldo habis. Jika anda kehabisan saldo maka dapat mempengaruhi kepercayaan para pelanggan yang membeli pulsa kepada Anda.

Kontrol arus kas usaha

Tips selanjutnya yaitu mengontrol arus kas usaha pulsa Anda tersebut, sebab idealnya laporan keuangan haruslah Anda buat minimal laporan pemasukan dan pengeluaran uang.

Apabila arus kas usaha anda tersebut berjalan dengan lancar maka usaha perusahaan tersebut mempunyai peluang besar operasional dari usaha Anda tersebut akan lancar.

Namun sebaliknya, apabila arus kas usaha Anda terganggu maka operasional dari usaha Anda tersebut juga kemungkinan akan terganggu.

Oleh karena itu Anda harus rutin mengontrol arus kas usaha pulsa Anda dan jika sewaktu-waktu terdapat kendala maka anda harus segera menganalisis di mana letak kesalahannya.

Buat rekapitulasi

Tips yang terakhir yaitu membuat rekap bulat rekapitulasi. Anda bisa membuat rekapitulasi tersebut di setiap minggu atau juga setiap bulan. Cara membuat rekapitulasi tersebut maka bisa membantu Anda dalam mengawasi usaha pulsa yang Anda rintis. Bahkan Anda juga bisa tahu apakah usaha pulsa yang anda rintis tersebut berkembang atau justru malah rugi. Dampak itu maka anda bisa langsung melakukan tindakan yang diperlukan guna mengembalikan kesehatan sistem keuangan usaha pulsa Anda.

Itulah tadi ulasan mengenai tips mengatur keuangan usaha pulsa. Dengan anda mengatur keuangan usaha yang Anda rintis tersebut tentunya akan berdampak positif kepada Anda sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda terutama bagi Anda yang sedang menjalani usaha pulsa.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.