Tips Mudah Liburan Sambil Mengelola Bisnis ala Pengusaha Sukses

Tips Mudah Liburan Sambil Mengelola Bisnis ala Pengusaha Sukses

Kerja dan liburan tidak selalu bisa disatukan, terlebih jika Anda memiliki bisnis yang sedang berkembang. Jadi, bagaimana Anda dapat menarik diri dari bisnis Anda selama mengambil liburan? Tenang! Di bawah ini akan ada beberapa tips yang akan membuat Anda bisa liburan tenang tapi masih bisa mengatur bisnis Anda dengan mudah. Bagaimana caranya?

Tips Mudah Mengatur Bisnis Sambil Liburan

1. Dapatkan klien yang akrab dan menjalin hubungan yang baik dengan Anda

Jangan biarkan penjawab otomatis email Anda menjadi orang yang memberi tahu pelanggan Anda siapa yang harus dihubungi saat Anda sedang menikmati liburan selama berhari-hari. Ketika Anda sudah dekat dengan klien Anda, maka Anda bisa mengatur meeting melalui smartphone akan lebih mudah dan nyaman dibicarakan.

2. Maksimalkan peluang untuk staf

Buatlah kebutuhan Anda saat Anda pergi dengan meminta karyawan untuk melakukan lebih banyak hal. Tentu saja sangat menyenangkan ketika melihat orang-orang melangkah dan mengambil lebih banyak tanggung jawab. Anda perlu memberikan peluang kepada karyawan untuk meng-handle semua manajemen bisnis Anda selama liburan.

Setelah itu biasakan mengajukan banyak pertanyaan kepada staf Anda selama sehari. Setiap kali ada masalah atau pertanyaan muncul, Anda harus bertanya, “Apa yang akan Anda lakukan jika tidak ada saya untuk mengatasi masalah tersebut?”.

3. Berlatih menjadi lepas tangan untuk waktu yang lebih lama dan lebih panjang

Anda perlu berlatih mempercayakan manajemen Anda kepada karyawan. Bahkan ketika Anda berada di kantor, Anda perlu melakukan itu agar karyawan merasa nyaman bertanggung jawab melakukan tugasnya.

Persiapkan untuk kasus terburuk. Apa hal terburuk yang bisa terjadi? Anggap ini bukan sebagai pertanyaan retoris tetapi sebagai tantangan yang membutuhkan tanggapan mendetail dan terdokumentasi. Jadi bekali karyawan Anda sebaik mungkin agar liburan Anda bisa tenang.

4. Tegaskan Asisten Anda untuk Bisa Mengelola Bisnis Anda Selama Liburan

“Di belakang setiap pengusaha yang hebat terdapat asisten yang luar biasa yang memecahkan masalah dan menangani berbagai hal. Pertimbangkan untuk membuat pengaturan awal untuk rapat virtual dan akses jarak jauh ke dokumen melalui unduhan aman bersama asisten Anda.

5. Atur Layar Panggilan Anda

Anda bisa memberikan daftar setiap nomor di mana Anda dapat dihubungi saat berlibur. Namun, ini bukan ide bagus jika Anda ingin liburan Anda menjadi santai. Anda memercayai tim Anda, dan inilah saatnya untuk membiarkan mereka bekerja tanpa pengawasan.

Pilih satu orang staf untuk bekerja sebagai titik kontak Anda saat Anda sedang berlibur. Memang ketika berlibur penggunaan smartphone jangan sampai mengganggu waktu liburan Anda. Namun Anda perlu mengatur waktu, kapan saja Anda bisa mengecek pekerjaan yang telah dilakukan oleh orang Anda.

6. Tulis Rencana yang Jelas

Sebelum Anda meninggalkan kantor, siapkan rencana tertulis untuk liburan Anda dan pastikan semua karyawan Anda sadar dan nyaman dengan peran mereka. Ini membuat rencana Anda lebih mudah untuk berkonsultasi setiap hari dan membebaskan Anda dari pertanyaan bagaimana memecahkan masalah bisnis Anda dan tentang tanggung jawab karyawan.

Posting rencana tertulis di suatu tempat di mana karyawan Anda dapat dengan mudah menemukan dan berkonsultasi, baik itu di ruang istirahat, akun Google GOOGL -0.39% akun internal, atau bahkan memo email.

Jika bisnis Anda berfokus pada klien, sisihkan waktu untuk memberi tahu klien Anda bahwa Anda akan pergi, untuk berapa lama, dan siapa yang harus dihubungi di tim Anda jika klien mengalami masalah.

Tentu saja liburan bukan hanya untuk memikirkan masalah dalam bisnis saja bukan? Anda tidak mau liburan menjadi terganggu? Jika ya, Anda bisa ikuti tips di atas. Selamat mencoba.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.