Tips Mudah Memilih Aplikasi Minimarket

Tips Mudah Memilih Aplikasi Minimarket

Mempunyai bisnis minimarket saat ini memang menjadi salah satu pilihan dan telah mulai banyak bermunculan. Selain menguntungkan bisnis ini juga mmepunyai pangsa pasar yang luas. Semakin banyak orang yang menginginkan kemudahan dalam berbelanja membuat banyaknya bisnis minimarket bertebaran. Jika anda pelaku bisnis ini penting untuk mengetahui sistem kerja untuk memudahkan mengelola minimarket

Salah satu sistem yang perlu anda ketahui adalah tentang software aplikasi untuk minimarket anda. seperti kasir, stok barang dan lainnya. Saat ini seiring dengan berkembangnya teknologi yang pesat mempunyai dampak juga pada aplikasi minimarket yang mulai banyak bertebaran di dunia digital. Mulai dari yang berbayar hingga yang gratisan atau cuma-cuma.

Mengenal Software Aplikasi Minimarket

Sebelum anda menentukan aplikasi mana yang akan anda pergunakan untuk minimarket anda, perlu anda ketahui beberapa hal yang berkaitan dengan software pada aplikasi tersebut. Tujuannya agar anda bisa memilih dan menggunakan aplikasi yang memang sesuai dengan kondisi minimarket dan pangsa pasar anda sehingga anda lebih mudah mengoperasikannya. Berikut macam software yang ada:

1. Software Desktop

Aplikasi ini beroperasi atau bekerja secara offline dan anda harus menginstalnya sendiri pada unit komputer atau laptop. Bahasa yang digunakan biasanya seperti Microsoft office, Borland Delphi dan lainnya.

2. Software Web Base

Web base ini hanya dapat beroperasi apabila ada jaringan atau koneksi internet. Sedangkan bahasa yang digunakan adalah JvaScript, HTML, PHP, CSS dan lainnya.

3. Software Android

Untuk Android ini berjalan di OS android saja. Dan biasanya akan dipengaruhi oleh beberapa merk gadget yang kadang meski OS nya sama tapi tidak support.

Beberapa Hal Untuk Memilih Aplikasi Minimarket

1. Kemudahan Penggunaan

Ada banyak pelatihan yang hanya membuang-buang waktu dan materi anda saja. Penting untuk anda bisa memiliki sistem yang dapat digunakan langsung. Anda bisa menambahkan beberapa item baru lalu melakukan editing beberapa item yang sudah ada dengan mudah

2. Dilengkapi dengn Fitur yang Bersifat Wajib

Saat anda memilih aplikasi untuk minimarket anda pastikan jika software tersebut memiliki beberapa fitur wajib berikut ini:

  • Diskon promo dan membership
  • Laporan barang yang terlaris atau fast moving
  • Multy payment
  • Laporan laba rugi dan neraca
  • Laporan transaksi harian

3. Memberikan Penawaran Free Trial

Sebelum anda putuskan untuk membeli aplikasi tersebut akan lebih baik jika anda memilih aplikasi yang tersedia versi trialnya. Kenapa harus demikian, agar anda tidak seperti membeli kucing dalam karung dan anda bisa melakukan uji coba gratis. Dengan demikian anda dapat mengindentifikasi apakah software ini cocok atau tidak. 

Baca Juga: Manfaat Software Kasir untuk Bisnis Fashion

4. Harga

Pokok pertimbangan lainnya adalah harga. Harga ini juga merupakan pertimbangan terakhir yang harus anda cermati. Aplikasi yang menawarkan harga murah namun kinerjanya lamban dan justru menyusahkan atau menghambat pekerjaan anda tentu tidak sesuai untuk bisnis anda karena biaya lain-lainnya justru akan menjadi mahal dan besar.

Akan lebih baik sedikit mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli aplikasi dengan harga yang lebih mahanl namun kualitas dan kinerjanya terjamin. Pekerjaan anda akan selesai dengan lebih cepat serta progres bisnis anda akan meningkat. Kebutuhan minimarket anda juga dapat diakomodir dengan baik

Dari ulasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa anda perlu mempertimbangkan segala sesuatunya sebelum anda memutuskan untuk membeli aplikasi tersebut. Karena aplikasi yang anda beli adalah investasi bisnis anda yang harus dipertanggungjawabkan. Jangan sampai tergiur dengan harga murah namun kualitas tidak mendukung pekerjaan anda. apakah anda mempunyai kriteria lain untuk pembelian aplikasi.

 

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.