Tips Pintar Mengubah Krisis Menjadi Peluang

Tips Pintar Mengubah Krisis Menjadi Peluang

Menjadi pengusaha bisa dibilang bukanlah sebuah jalan populer yang difavoritkan oleh banyak orang. Kenapa sih begitu? Sederhana saja, lebih banyak orang memilih untuk menjadi karyawan perusahaan atau kantor. Alasannya karena minim risiko dan juga kestabilan yang lebih terjamin. Tidak heran apabila menjadi pengusaha adalah sesuatu yang hanya diperuntukan bagi mereka yang tahan banting dan siap menghadapi berbagai tantangan. Nah tidak terkecuali tantangan tersebut bisa berupa kondisi krisis yang mesti dilewati. Alih-alih Anda terpuruk dengan kondisi tersebut nyatanya Anda malah bisa memanfaatkannya untuk diubah menjadi energi positif yang menguntungkan. Caranya bagaimana? Nah berikut ada tips pintar mengubah krisis menjadi peluang seperti dijelaskan di bawah.

1. Hadapi dengan Kepala Dingin

Pasti deh kalau krisis datang ke usaha Anda pasti rasanya kepala pusing dan sulit berpikir. Kombinasi inilah yang kemudian membuat banyak pengusaha akhirnya sulit mengambil tindakan dan akhirnya terus berkubang dalam krisis tersebut. Tentunya Anda tidak bisa terus berada dalam posisi ini apabila tidak ingin usaha yang dimiliki terus terpuruk dan tidak berkembang. Tips pertamanya adalah Anda mesti menghadapinya dengan kepala dingin. Soalnya dengan kepala dingin inilah nantinya Anda bisa berpikir lebih jernih dan juga mengambil keputusan lebih cepat. Bahkan kalau Anda belum tahu nih, banyak loh perusahaan besar dan sukses sekarang yang mengubah krisis menjadi peluang. Sebut saja seperti perusahaan Microsoft hingga Rockefeller.

2. Berpikirlah Secara Berbeda

Mungkin Anda belum banyak yang tahu nih kalau Steve Job, si pemilik perusahaan Apple terkenal dengan berbagai ide kreatif dan jenius miliknya. Hal tersebutlah yang seringkali membuat Steve Jobs keluar dari berbagai krisis yang menghimpit. Pastinya Anda yang sekarang berada dalam kondisi krisis juga ingin mengetahui rahasia Steve Jobs melakukan hal tersebut. Nyatanya Steve Jobs memiliki rahasia sendiri yaitu dengan selalu berpikir secara berbeda atau konsep tersebut lebih dikenal dengan konsep think different. Maksud dari pemikiran ini adalah untuk selalu berpikir berbeda dan mencari solusi dari setiap masalah. Biasanya Steve Job akan mencari tahu akar masalah dari krisis yang terjadi dan bahkan mengubahnya menjadi perbaikan dalam lini usahanya. Keren bukan?

3. Lebih Fleskibel

Seringkali krisis terjadi karena faktor internal dari usaha yang Anda miliki sendiri. Untuk bisa mengatasi hal ini maka lebih Anda tidak terlalu kaku terhadap peraturan sendiri maupun perubahan yang ada. Tidak bisa dipungkiri seringkali masalah yang terjadi hingga berefek krisis karena perusahaan yang enggan beradaptasi. Hal tersebut membuat perusahaan Anda tidak bisa terus berkembang. Nah Anda sebaiknya mulai menerapkan prinsip untuk lebih fleksibel terhadap perusahaan yang dimiliki. Dengan memiliki prinsip lebih fleksibel ini maka Anda tidak akan kaku terhadap perubahaan dan juga memiliki berbagai ide kreatif untuk terus berinovasi.

4. Jalani Prosesnya

Tips pintar mengubah krisis menjadi peluang yang terakhir adalah dengan menjalani prosesnya. Mungkin bagi sebagian orang, hal ini terdengar klise tapi asal tahu hal ini sangat ampuh loh untuk menemukan solusi. Terutama bagi Anda yang selama ini selalu mengalami masalah krisis yang sulit sekali ditemukan jalan keluarnya. Dengan menjalani prosesnya maka insting pengusaha Anda akan terasah dengan sendirinya dan juga semakin trampil menghadapi masalah.

Semoga point-point yang sudah dijelaskan di atas tentang 5 tips pintar mengubah krisis menjadi peluang bisa dimanfaatkan. . Supaya Anda yang memiliki bisnis bisa mengelola bisnis tersebut dengan lebih baik dan tidak kalah dengan krisi yang mendera. Apabila Anda merasa artikel ini sangat bermanfaat dan ingin banyak orang lain untuk mengetahuinya, jangan ragu untuk men-sharenya ke teman-teman Anda. Karena berbagi ilmu itu tentu tidak bikin rugi. Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.