Trik Rahasia Mengatur Keuangan Bisnis Kedai Kopi

Trik Rahasia Mengatur Keuangan Bisnis Kedai Kopi

Apakah air kopi yang ada jalankan memiliki omzet penjualan yang besar namun labanya selalu habis digunakan? Artinya ada masih belum tahu rahasia mengelola bisnis kedai kopi. Kesalahan yang terbesar yang sering sekali dilakukan oleh para pebisnis pemula yakni tidak memisahkan antara uang usaha dengan uang pribadi miliknya.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika uang yang dipakai untuk usaha selalu habis tanpa tersisa, sedangkan uang pribadi juga ikut habis dipakai guna menutup biaya operasional. Lalu bagaimana caranya untuk mengatur keuangan bisnis kedai kopi? Terdapat di majalah yang bisa Anda gunakan untuk mengelola keuangan bisnis kedai kopi yang ada jalankan.

Pisahkan uang usaha dengan uang pribadi

Salah satu perkara yang paling sering dilupakan oleh bisnis pemula yakni mereka menganggap bahwasannya usaha yang masih kecil tersebut masih belum perlu untuk memisahkan antara uang pribadi dengan uang usaha. Sebenarnya hal tersebut justru salah besar. Menggabungkan antara uang pribadi dengan uang usaha justru hanya akan menyulitkan Anda untuk mengontrol pemasukan dan pengeluaran bisnis kedai kopi. Maka dari itu, sekecil apapun bisnis kedai kopi yang Anda jalankan, Jangan pernah mencampur uang pribadi dengan uang usaha. Hal tersebut bertujuan supaya Anda bisa mencatat seluruh transaksi pada bisnis kedai kopi dengan rapi.

Tentukan modal usaha

trik rahasia mengatur keuangan bisnis kedai kopi yang selanjutnya yakni dengan menentukan berapa persen modal untuk bisnis tersebut. misalnya seperti berapa persen uang yang harus Anda pakai untuk kebutuhan operasional bisnis, berapa persen yang Anda tetapkan untuk laba, berapa persen uang cadangan untuk bisnis tunjukkan berapa persen uang yang harus Anda pakai untuk mengembangkan bisnis kedai kopi. Pada umumnya, besarnya persentase yang telah ditentukan pada masing-masing bisnis tidak sama. Yang paling penting adalah bisa membantu Anda untuk mengelola keuangan bisnis kedai kopi yang sesuai dengan porsi yang di awalnya telah ditentukan.

Buat laporan keuangan banyak

Tujuan dari pembuatan laporan keuangan di bisnis Anda yaitu untuk mengontrol seluruh transaksi keuangan baik itu pengeluaran, pemasukan atau juga utang dan piutang. Di samping itu, laporan keuangan juga harus Anda buat dan makanan serta setiap bulan untuk memudahkan Anda jadi mengevaluasi dari perkembangan bisnis kedai kopi tersebut. 

Baca Juga: Cara Mudah Menyisihkan Uang Dari Hasil Usaha

Hindari hutang

Membangun bisnis kedai kopi dengan cara berhutang memang boleh-boleh saja. Pasti akan tetapi Anda harus berhati-hati dengan hutang. Hal tersebut dikarenakan apabila kondisi keuangan pada bisnis kedai kopi Anda ketika Anda kurang baik. Anda akan dibebani dengan cicilan hutang dan hanya akan memperburuk kondisi dari keuangan bisnis Anda. Jadi, apabila pemasukan pada bisnis Anda masih belum bisa memenuhi kebutuhan operasional terhadap bisnis setiap bulannya, maka sebisa mungkin hindarilah berhutang.

Kontrol arus kas

Apabila arus kas yang ada di bisnis kedai kopi Anda lancar, tentunya aktivitas dari bisnis kedai kopi yang Anda jalankan juga akan lancar. Oleh karena itu, perlunya kontrol arus kas pada bisnis kedai kopi memang tidak bisa disepelekan.

Nah, berbagai macam kreasi yang mengatur keuangan bisnis kedai kopi yang sedang Anda jalankan. Agar bisnis Anda terus berkembang, maka Anda bisa jadikan trik-trik yang telah disebutkan di atas untuk mengatur bisnis kedai kopi. Semoga dengan adanya trik rahasia tersebut bisa membantu Anda untuk mengembangkan bisnis kedai kopi yang Anda sedang jalankan.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.