Yakin Toko Anda Sudah Aman?

Yakin Toko Anda Sudah Aman?

Yakin Toko Anda Sudah Aman? atau jangan-jangan peristiwa Pak Budi ini juga menimpa Anda?

Ada apa dengan Pak Budi?

Beberapa bulan yang lalu seorang sahabat saya pemilik salah satu minimarket di daerah Surabaya. Yaitu Pak Budi beliau bercerita jika beliau baru saja tahu jika kebobolan uang kurang lebih Rp 30.000.000 yang dilakukan oleh kasirnya. Modus operandinya sendiri adalah dengan cara menghapus dan mengedit transaksi yang sudah terjadi. Dan kegiatan kecurangan tersebut entah sudah berapa lama dilakukan oleh kasir tersebut. 

Jika kecurangan itu sudah dilakukannya selama kasir tersebut bekerja di tempat Pak Budi yang notabennya sudah 1 tahun bekerja. Hitung sendiri deh berapa kerugian yang sudah diderita oleh Pak budi. Karena selama ini uang setoran sama dengan yang ada di software sehingga beliau tidak curiga. Namun lama-lama jika diperhatikan barang di toko maupun gudang Pak Budi tinggal sedikit namun uangnya tidak ada. 

Padahal kita tahu sendiri berapa sich margin yang diambil dari jualan retail.  Mengumpulkan uang dari 1000 rupiah sampai 2000 rupiah eh uangnya di gondol orang. Kan sakit ya rasanya, belum lagi jika ada barang yang rusak maupun kadaluarsa itu juga menimbulkan kerugian. 

Padahal beliau selama ini berpikir semuanya Aman. Mengingat beliau sudah menggunakan software kasir jadi beliau berpikir jika semua transaksi yang ada tercatat dengan baik. Dan beliau pun sudah dobel pengamanan dengan cara membuat kebijakan.  Yaitu menempel pengumuman didekat kasir yang berisi jika NOTA tidak diberikan oleh kasir maka transaksinya gratis.  Tapi tetap saja masih kebobolan.

Kira-kira apa yang menyebabkan Pak Budi mengalami kebobolan meski sudah menggunakan software kasir. Jangan sampai Anda menjadi Pak Budi berikutnya. Yuk cari tahu penyebabnya dengan baca artikel ini sampai selesai.

Banyak pebisnis yang berpikir jika sudah menggunakan software kasir maka semuanya bisa aman terkendali. Oleh karena itu mereka tidak mempertimbangkan banyak hal ketika memilih dan membeli software tersebut. Yang penting budget masuk langsung deh beli.

Tapi sesungguhnya pada saat Anda membeli software kasir hal yang harus Anda perhatikan adalah KEAMANANNYA yang benar-benar aman. Lantas software kasir seperti apa sich yang benar-benar aman?

1. Harus Ada Hak Akses.

Pembatasan hak akses ini sangat penting sehingga setiap individu/orang hanya dapat atau berhak membuka sesuatu yang menjadi jobdesk nya dia.  Contohnya seperti kasir yang hanya melakukan jualan saja. Tidak diperkenankan melakukan menghapus (void) ataupun mengedit transaksi penjualan.

 Lho nanti bagaimana kalau kasir salah input atau customer mengurangi barang belanjannya

Jangan khawatir jika terjadi kesalahan kasir ini bisa meminta bantuan seseorang yang diberikan wewenang untuk melakukan edit maupun menghapus transaksi. Bisa orang kepercayaan Anda atapun meminta bantuan Anda. Oh iya jangan lupa juga setiap kasir harus memiliki login dan password sendiri-sendiri untuk masuk ke software tersebut. Agar Anda dapat mengontrol setiap kasir yang ada.

Dan dengan adanya hak akses ini selain mengatur keamanan juga bisa membantu seseorang lebih fokus dengan pekerjaanya masing-masing. Karena hanya bisa membuka atau melihat apa-apa yang berhubungan dengan pekerjaanya saja.

2. History Aktivitas

Kalau menurut saya ini sangat penting sekali. Karena dengan begitu Anda dapat melihat semua aktivitas yang dilakukan kasir Anda sepanjang harinya. Mulai dari buka kasir, transaksi penjualan sampai pada saat melakukan stor uang kebagian keuangan.

Dengan begini Anda akan lebih mudah untuk mendeteksi kecurangan-kecurangan dari aktivitas-aktivitas yang mencurigakan. Dan dengan melihat history aktivitas kasir ini Anda juga akan tahu bagaimana kinerja kasir Anda. Apakah cepat dalam melayani pelanggan atau justru lambat.

Contoh Laporan History Aktivitas

Kesimpulan: 

  1. Jika Anda ingin membeli software kasir perlu dilengkapi dengan pengaturan hak akses 
  2. Selain itu diperlukan laporan history aktivitas untuk membantu Anda dalam mengontrol aktivitas kasir dan keamanan bisnis Anda.

Semoga artikel ini bermanfaaat untuk Anda. Oh iya jangan lupa share artikel ini ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga mendapatkan manfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki. Salam Let’s #beefree

 

 

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Asal kamu mau berjuang untuk meraihnya. @venjaskens

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *