Blog


Di dalam disiplin laporan keuangan sebuah perusahaan, menulis neraca adalah bagian terpenting dari sebuah laporan keuangan. Menuliskan neraca keuangan bagi seseorang yang bergelut di dunia akuntansi mungkin bukan hal yang asing. Tapi jika seseorang itu tidak berasal dari disiplin ilmu akuntansi, bagaimana cara membuat neraca lajur (worksheet) perusahaan yang benar?

Tenang, berikut adalah panduan atau langkah-langkah agar Anda tahu bagaimana cara menulis neraca lajur. Jadi bagi Anda yang tidak mengerti ingin membuat laporan keuangan dari mana,

...

Continue Reading


Setiap orang yang bergelut pada jenis usaha ritel pasti menginginkan tokonya selalu ramai pengunjung. Karena hal tersebut adalah bukti paling real, kalau usaha Anda berhasil dan memiliki masa depan cerah. Toko yang sepi mengindikasikan bahwa sedikitnya nilai keuntungan yang berhasil Anda peroleh, dan jika dibiarkan maka bukan tidak mungkin akan menyebabkan bangkrut.

Namun nyatanya, mendatangkan pembeli secara suka rela ke toko bukanlah suatu hal yang mudah. Karena mereka hanya akan datang berdasarkan inisiatif dan keinginannya masing-masing.

...

Continue Reading


Siapapun orangnya, pasti mendambakan bisa membuka usaha sendiri dibandingkan harus terus-terusan bekerja untuk orang lain. Namun faktanya, faktor modal seringkali menjadi penghambat. Keterbatasan budget anggaran acapkali membuat banyak orang mengurungkan niatnya dalam membuat usaha, dan memilih pasrah dengan keadaan yang ada saat ini.

Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya ada beberapa jenis usaha kecil-kecilan dengan peluang cukup menjanjikan yang bisa dicoba? Ya, dan bahkan beberapa diantaranya tidak membutuhkan modal dalam bentuk uang sama sekali,

...

Continue Reading


Di era modern sekarang ini, berbisinis menjadi sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan dan menjanjikan. Salah satunya adalah dengan membuka bisnis minimarket yang semakin naik daun seiring berkembangnya zaman. Karena seperti yang Anda saksikan sendiri, bahwa jumlah minimarket hari ini terus naik secara signifikan, baik di kota besar hingga desa terpencil.

Penasaran kenapa banyak orang yang kemudian memilih bisnis minimarket? Berikut di bawah ini adalah beberapa keuntungan dengan berbisnis minimarket :

1. Cepat Balik Modal

Jika Anda bertanya tentang jenis bisnis yang bisa mengembalikan modal dengan cepat,

...

Continue Reading


Pemilihan produk merupakan salah satu langkah penting yang harus diperhatikan oleh para calon pebisnis pemula, apalagi jika modalnya pas-pasan. Kesalahan dalam memilih produk dapat berakibat tidak menyenangkan pada bisnis yang sedang dibangun, karena bisa menyulitkan Anda dalam menjaring konsumen. Sehingga mengakibatkan tidak laku, dan modal tidak kembali.

Untuk menghindari kegagalan, maka Anda sangat dituntut untuk bisa mengenali jenis produk seperti apa yang akan terus diminati masyarakat dan laris manis di pasaran. Jika masih bingung dalam menentukannya,

...

Continue Reading